JERMAN

Meskipun menuntut ilmu di Jerman membutuhkan keahlian dasar berbahasa Jerman sebagai syarat masuk, namun banyak para pelajar internasional yang tetap bertekad untuk melanjutkan pendidikan di negara ini, karena Jerman terkenal akan biaya hidup yang terjangkau dan banyak perusahan yang berpusat pada bidang industri dan finansial.

Mengapa memilih studi di Jerman:

1.   Biaya hidup paling terjangkau dibandingkan negara Eropa lainnya
Dibandingkan dengan negara pelajar Eropa lainnya, total biaya untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari seperti makan, pakaian, kendaraan di Jerman tergolong lebih rendah. Kalau dirata – rata, biaya hidup mahasiswa per bulan hanya sekitar €700 - €800. Angka ini bisa lebih rendah kalau kalian tinggal di luar kota metropolitan seperti Hamburg atau Munich

2.   Biaya kuliah yang sangat rendah hingga gratis
Banyak sekali universitas di Jerman yang membebaskan biaya kuliah karena sudah mendapatkan dukungan pendanaan dari pemerintah pusat. Bagi universitas yang masih memberlakukan biaya kuliah, biaya yang harus dibayar berkisar € 1500 per semester

3.   Punya kesempatan menjelajah negara Eropa lainnya
Letak Jerman yang berada di tengah-tengah Eropa memberikan kesempatan yang luas untuk mengunjungi negara Eropa lainnya. Berkunjung ke negara Eropa sekitar Jerman bisa ditempuh dengan kendaraan pribadi, bus, maupun kereta.

4.   Bisa bekerja selama 18 bulan setelah menyelesaikan kuliah di Jerman
Setelah menyelesaikan kuliah di Jerman, pelajar internasional bisa tetap tinggal di Jerman dan bekerja selama 18 bulan dengan menggunakan Residence Permit (Visa Nasional).

5.   Memperkaya keahlian bahasa asing
Meskipun sudah banyak universitas di Jerman yang menggunakan bahasa Inggris dalam penyampaian materi, untuk bisa beradaptasi dengan linkungan dan berkomunikasi dengan warga lokal, tetap dibutuhkan kemampuan dasar bahasa Jerman.

6.   Lapangan pekerjaan yang luas
Jerman memiliki ekonomi yang kuat, stabil dan tersebar di beberapa kota. Seperti Frankfurt yang menjadi pusat financial, Hamburg sebagai pusat industri media, dan Munich yang menjadi pusat industri otomatif. Hal ini memudahkan para pencari kerja untuk mendapatkan pekerjaan dibandingkan di negara Eropa lainnya.   

 

List of Institutions We Officially Represent